Selasa, 26 Oktober 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        :   SD Melati
Kelas / Semester          :   V / 2
Mata Pelajaran             :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Jumlah Pertemuan         :   1 x Pertemuan
 

A.     Standar Kompetensi       
2.     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

B.     Kompetensi Dasar          
2.1     Mendiskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

C.     Indikator  
2.1.1        Menyebutkan nama-nama tokoh pejuang dalam upaya mengusir penjajah Belanda.
2.1.2        Mengelompokkan nama-nama tokoh pejuang berdasarkan asal daerahnya.

D.    Tujuan Pembelajaran      
1.      Melalui diskusi peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh pejuang dalam upaya mengusir penjajah Belanda secara tepat.
2.      Melalui permainan kartu peserta didik dapat mengelompokkan nama-nama tokoh pejuang berdasarkan daerahnya secara tepat.

E.     Materi Ajar
·        Perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

F.      Alokasi Waktu
·        3 x 35 Menit
G.    Metode
·        Diskusi, penjodohan gambar, ceramah berfariasi, tanya jawab dan pengamatan serta penugasan.

H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menyanyi.
b.      Mengajukan pertanyaan dengan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Contoh : Guru menanyakan sistem kerja paksa masa penjajahan Belanda.
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mencakup materi sesuai silabus.
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.
2)      Memberi nama kelompok dengan nama-nama pejuang.
b.      Elaborasi
1)      Setiap kelompok menjodohkan nama pejuang berdasarkan asal daerahnya.
2)      Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya.
3)      Peserta didik melakukan permainan mencari psangan gambar dengan menggunakan kartu kata.
Misalnya peserta didik memperoleh kartu yang bergambar Patimura, maka peserta didik harus mencari teman/pasangan yang membawa kartu bertuliskan Patimura.
4)      Peserta didik sudah mendapatkan pasangan dan melaporkan pada guru.
c.       Konfirmasi
1)      Guru memberikan reward kepada kelompok yang hasilnya baik akan mendapatkan tepuk tangan dari semua siswa.
2)      Guru memberikan motivasi kepada kelompok yang hsail kerjanya kurang baik.
3)      Setiap peserta didik menuliskan hasil pembelajaran yang telah disampaikan guru.
3.      Penutup
a.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi.
b.      Peserta didik mengerjakan evaluasi.

I.       Penilaian Hasil Belajar
Prosedur              : Post Tes
Jenis Tes              : Tertulis
Bentuk Tes           : Isian
      Soal :
      Isilah titik di bawah ini dengan benar!
1.      Pattimura pahlawan berasal dari ….
2.      Pahlawan yang terkenal dengan taktik perang gerilyanya ….
3.      Pahlawan yang ditangkap dan di penjara di Vianjur lalu dipindahkan ke Minahasa sampai wafat adalah ….
4.      Siapa yang mendapat julukan Ayam jantan dari Timur ….
5.      Pahlawan wanita yang berasal dari Aceh adalah ….
Kunci Jawaban :
1.      Maluku
2.      Pangeran Diponegoro
3.      Imam Bonjol
4.      Sultan Hasanudin
5.      Cut Nyak Dien

J.      Sumber Belajar
1.      Alat Peraga/Media :
a.       Gambar-gambar tokoh yang sesuai.
b.      Kartu kata.
2.      Sumber :
a.       Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS Kelas V Karangan Siti Syamsiyah, dkk. Penerbit Pusbuk Jakarta tahun 2008 halaman 73-78.
b.      Buku Pengetahuan Sosial Kelas V Karangan Mastur, dkk, Penerbit Aneka Ilmu Semarang 2004 Halaman 94-96.
c.       Pengembangan Guru.

Semarang,   Okteber 2010

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas V


…………………..                                                      ………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar